menjadi MC (Master Of Ceremony) yang baik

Apakah Anda pernah menjadi pembawa acara/ master of ceremony (MC) dalam sebuah pertemuan? Suatu saat mungkin Anda ditugasi oleh sekolah maupun organisasi/ Instansi di daerah Anda untuk memandu sebuah acara. Misalnya kalau di RSBI SMPN 1 Kertosono pada acara Lepas Pisah/ Perpisahan kelas IX dengan kelas VII dan VII. Pasti pada acara ini berpasangan dua siswa ditunjuk menjadi MC.Sukses tidaknya acara tersebut, salah satunya, ditentukan oleh kemahiran pembawa acara dalam membawakan acara.

Membawakan acara adalah menyampaikan susunan acara kepada peserta atau hadirin yang mengikuti acara. Dalam membawakan acara, kita harus dapat menyesuaikan sikap kita terhadap acara yang sedang dijalani. Artinya, kita dapat membedakan sikap saat membawakan acara yang sifatnya gembira, sedih, khidmat, dsb. Juga harus bisa membedakan acara itu resmi atau santai ataupun perpaduan keduanya.

Membacakan acara harus dilakukan dengan baik. Seperti dikatakan di atas, terkadang, sebuah kesuksesan acara ditentukan oleh seorang pembawa acara. Apabila ditugasi menjadi pembawa acara/ MC, tugas kita ialah membuka acara, memandu jalannya acara agar berjalan lancar dari awal sampai akhir, dan menutup acara tersebut. Maka dari itu, dalam membawakan sebuah acara perlu memerhatikan beberapa hal.

Hal-hal yang perlu kamu perhatikan apabila menjadi pembawa acara, di antaranya, sebagai berikut.
1. Pelajari terlebih dahulu susunan acara yang akan dilalui.

2. Sesuaikan penampilanmu dengan konteks acara. Acara itu bersifat resmi atau santai, siapa sajakah peserta acara tersebut.

3. Gunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar, komunikatif, serta santun.

4. Mengucapkan salam, ucapan terima kasih, serta sapaan dengan tepat.

3. Menyampaikan acara sesuai urutan acara dengan benar.

4. Menumbuhkan kesan berkomunikasi dengan hadirin atau peserta.

5. Menerapkan intonasi dan artikulasi yang tepat.

Dengan memperhatikan beberapa hal di atas, kita tentu akan dapat membawakan acara dengan baik. Tentu saja harus ditambah dengang rasa percaya diri yang tinggi namun tidak berlebihan, kalau bisa juga wawasan yang luas, dan yang tidak kalah pentingnya pengalaman tampil sebagai latihan mengasah kemahiran menjadi MC yang handal . Semoga ulasan ini bisa bermanfaat sebagai bekal menjadi Pembawa Acara/ MC.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s